Profesional & Amanah; Jibril yang Kuat

Jibril yang Kuat

“Sesungguhnya (al-Qur’an) itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril), yang memiliki kekuatan, memiliki kedudukan yang tinggi di sisi (Allah yang memiliki ‘arasy, yang di sana (di alam malaikat) ditaati dan dipercayai.” (Surah at-Takwir: 19)

Kami telah tunjukkan salah satu bukti bahawa malaikat itu kuat dan gagah perkasa ialah mereka tidak perlu makan atau minum.

Dalam hadis juga menyebutkan bahawa Jibril diciptakan Allah dengan 600 sayap yang menutup ufuk timur dan barat. Rasulullah berkata tentang Jibril maksudnya “Aku melihatnya turun dari langit dan besarnya penciptaan Jibril menutupi ruang antara langit dan bumi.” (riwayat Tirmidzi, sahih)

Dalam ayat yang lain sekali lagi Allah tegaskan kekuatan Jibril Alaihissalam dalam ayat yang bermaksud,

“Yang mengajarkan (Nabi Muhammad) oleh (Jibril) yang sangat kuat, yang mempunyai akal yang cergas, lalu (Jibril itu) menampakkan dirinya dengan rupa yang asli.”  (An Najm: 5-6)

Memikul Arasy’

“Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu delapan orang malaikat menjunjung ‘Arsy Tuhanmu di atas (kepala) mereka.” (Al-Haaqqah : 17)

Disebutkan Jibril Alaihissalam termasuk salah satu malaikat yang memikul Arasy.

أُذِنَ لِىْ أَنْ أُحَدِّثَ عَنْ مَلَكٍ مِنْ مَلاَئِكَةِ اللهِ مِنْ حمَلَةِ الْعَرْشِ مَا بَيْنَ شَحْمَةِ أُذُنِهِ إلَى عَاتِقِهِ مَسِيْرَةُ سَبْعِمِائَةِ سَنَةٍ.

 “Aku diizinkan untuk menceritakan tentang salah satu malaikat Allah pemikul ‘arasy, yaitu antara cuping telinga dengan bahunya sejauh tujuh ratus tahun perjalanan“. (riwayat Abu Dawud no 4727, dan disahihkan oleh Syaikh Albani dalam Silsilah Ash Shahihah no 151) Ibnu Abi Hatim mengatakan bahwa yang dimaksud dengan perjalanan di sini adalah perjalanan terbangnya burung.

Berapa besarkan arasy Allah itu? 

“Tidaklah ketujuh-tujuh langit dan bumi jika dibandingkan dengan kursi melainkan seperti gelang/cincin yang dilemparkan di tengah-tengah padang yang sangat luas (padang pasir/gurun/sahara), dan sesungguhnya ukuran ‘Arsy dibandingkan dengan kursi adalah seperti besarnya padang yang luas tersebut dibandingkan dengan gelang tersebut. (riwayat al-Baihaqi, al-Asma’ wa ash-Shifat, sahih)

 

Mohd Riduan b Khairi & Mohd Radzi b Othman

PPY Borneo, Kota Kinabalu Sabah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s