Iman kepada Malaikat

Iman kepada Malaikat

Mohd Riduan b Khairi, Kota Kinabalu Sabah. Diolah dari Syarah Hadits Arbain an Nawawi Plus 8 Hadits Ibnu Rajab; Penjelasan Hadits-hadits Pilihan yang Mencakup Pokok-pokok Ajaran Islam oleh Syaikh Abdul Muhsin Abbad al Badr

Malaikat dicipta dari Cahaya

Iman kepada malaikat adalah beriman bahawasanya mereka termasuk makhluk yang diciptakan Allah. Mereka diciptakan dari cahaya, sebagaimana disebutkan dalam hadis maksudnya, “Malaikat dicipta daripada cahaya, jin dicipta daripada api dan manusia dicipta daripada apa yang diceritakan kepadamu (tanah)” (riwayat Muslim dari Aisyah RA)

Memiliki Sayap

Mereka memiliki sayap sebagaimana disebut dalam ayat pertama Surah Fathir.

“Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (surah al Fathir, ayat 1)

Jibril sahaja memiliki 600 sayap, sebagaimana disebutkan dari Rasulullah.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam musnadnya dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melihat malaikat Jibril dalam bentuk aslinya yang mempunyai enam ratus sayap, setiap sayap menutup ufuk, dari sayapnya berjatuhan berbagai warna, mutiara dan permata yang hanya Allah sajalah yang mengetahui keindahannya.” (Ibnu Katsir berkata dalam Bidayah Wan Nihayah bahwa sanad hadits ini bagus dan kuat, sedangkan Syaikh Ahmad Syakirrahimahullah berkata dalam Al-Musnad bahwa sanad hadits ini shahih)

Jumlahnya Tidak Terhitung

Jumlah mereka sangat banyak, tidak ada sesiapa yang mengetahui secara pasti melainkan Allah. Dalilnya bahawasanya Baitul Makmur yang berada di langit ke tujuh dimasuki oleh 70,000 malaikat setiap hari tanpa pernah kembali lagi ke dalamnya.

“Sesungguhnya Baitul Makmur berada di langit yang ketujuh setentang dengan Ka’bah di bumi, setiap hari ada 70 ribu malaikat yang solat di dalamnya kemudian apabila mereka telah keluar maka tidak akan kembali lagi.” (riwayat Bukhari & Muslim)

Dalam hadis yang lain Abdullah bin Ma’ud meriwayatkan Nabi bersabda maksudnya, “Pada hari itu akan didatangkan Neraka Jahannam dengan 70,000 tali pengekang, setiap kekang ditarik oleh 70,000 malaikat.” (riwayat al Bukhari & Muslim)

Tugas Malaikat

Di antara malaikat ada yang ditugaskan untuk menyampaikan wahyu. Ada pula yang ditugaskan untuk menurunkan hujan. Ada yang ditugaskan untuk mematikan. Ada yang ditugaskan untuk menjaga rahim. Ada yang ditugaskan di surga. Ada yang ditugaskan di neraka. Dan lain-lainnya.

Taat Kepada Allah

Semuanya tunduk dan taat kepada perintah Allah. Mereka tidak menentang perintah Allah, mereka melakukan apa yang diperintahkan kepada mereka.

Nama-nama Malaikat

Di antara malaikat ada yang disebut namanya dalam al Qur’an dan as Sunnah iaitu Jibril, Mikail, Israfil, Malik, Mungkar dan Nakir. Wajib mengimani malaikat yang disebut namanya ataupun yang belum disebut namanya.

Wajib mengimani berita yang dibawa oleh malaikat

Wajib pula mengimani dan membenarkan semua berita tentang malaikat yang disebutkan oleh al Qur’an dan as Sunnah yang sahih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s